Waspada, ini tanda tubuh kekurangan karbohidrat

Waspada ini tanda tubuh kekurangan karbohidrat

Karbohidrat merupakan satu dari tiga nutrisi yang tergolong ke dalam kelompok macronutrients. Macronutrients sendiri merupakan nutrisi yang memiliki porsi terbanyak dalam makanan yang kamu santap sehari-hari. Tidak hanya karbohidrat, ternyata macronutrients juga mencakup protein dan lemak.

Pentingnya karbohidrat bagi kesehatan tubuh

Seringkali karbohidrat disalahkan sebagai sumber energi yang memicu kegemukan. Karena itu banyak orang yang mengurangi asupan karbohidratnya dalam melakukan diet. Padahal kebiasaan ini dapat memengaruhi kesehatan tubuh.

Kekurangan energi

Karbohidrat akan diubah menjadi gula darah sebagai bahan bakar tubuh, terutama untuk otak dan sistem saraf. Namun sebagian glukosa akan disimpan di hati, otot, dan sel-sel tubuh untuk cadangan saat nantinya diperlukan. Jika kamu tidak memiliki cukup karbohidrat maka kamu akan lesu dan daya tahan juga berkurang.

Berat badan tidak terkendali

Karbohidrat memiliki fungsi baik untuk mengontrol berat badan karena mengandung serat yang baik. Diet rendah karbohidrat juga dapat membuat kita sulit mematuhi pola makan yang disarankan. Serat yang dimiliki karbohidrat merupakan asupan penting untuk membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Berat badan juga dapat menjadi ideal juga karena rendahnya kalori. Maka jika kamu kekurangan karbohidrat maka berat badan kamu bisa bergejolak.

Nafas bau

Efek samping berikutnya jika kamu mengurangi karbohidrat adalah bau mulut. Bau mulut terjadi karena tubuh memasuki ketosis, yang salah satunya menghasilkan energi aseton. Bau ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan menggosok gigi atau menggunakan obat kumur saja.

Efek negatif bagi tubuh

Jika kamu mengurangi asupan secara drastis sehingga kurang dari 50 gram sehari tentu tubuh akan mengalami ketosis. Zat keton sendiri merupakan energi asam yang dihasilkan saat tubuh kekurangan karbohidrat. Akibatnya, tubuh bisa mengalami stres, sakit kepala, bahkan dapat memicu penyakit ginjal.

29-11-2018  16:55:46

Tags: , ,