Trik Sederhana Menciptakan Ruangan Sejuk Tanpa AC

ruangan sejuk simasnet

Indonesia yang merupakan negara dengan iklim tropis membuat intesitas sinar matahari menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan negara lain. Banyak yang memilih memasang air conditioner (AC) agar ruangan menjadi sejuk dan nyaman.

Namun hal itu dapat membuat tagihan listrik kamu naik. Kalau kamu ingin menghemat listrik atau mengurangi tagihannya, maka kamu harus bisa nyaman tanpa AC. Berikut beberapa cara agar rumah kamu dapat lebih sejuk tanpa AC.

Tutup tirai

Dengan menutup jendela dengan gorden atau tirai, maka cahaya yang masuk ke dalam akan tersaring secara perlahan. Termperatur yang dapat dikurangi dengan menutup tirai dapat mencapat 20 derajat.

Menggunakan kipas angin

Jika kamu ingin menghemat listrik, solusinya tentu saja kipas angin. Siapkan semangkuk es atau benda lain yang serupa dinginnya, letakkan di depan sebuah kipas besar. Dengan cara itu, udara sejuk akan menyebar di ruangan secara perlahan. Putaran kipas angin yang berlawanan dengan arah jarum jam juga dapat menghasilkan udara yang lebih sejuk.

Ganti seprai dan bantal

Cara lain agar rumahmu menjadi lebih segar adalah mengganti seprai kamar tidur dan ruang tamu. Tekstil dengan lembaran flanel atau katun dan selimut bulu dapat dipakai sebagai isolasi, sedangkan kapas dapat membuat kain bernafas bebih mudah dan menjaga permukaan tetap dingin.

Fokus pada suhu tubuh

Orang-orang zaman dahulu dapat bertahan hidup tanpa sinar matahari karena mereka banyak meminum minuman dingin dan segar untuk membuat tubuh lebih segar. Bisa juga dengan minuman dingin atau kain dingin, kamu tempelkan pada area tubuh dengan denyut yang kuat seperti leher dan pergelangan tangan. Pakailah baju yang sejuk atau dapat menyerap keringat.

01-11-2018  10:00:36

Tags: , ,