7 Tips Membeli Mobil Bekas Murah dan Berkualitas !

 

Tips membeli mobil bekas murah dan berkualitas

 

Minat terhadap mobil bekas di Indonesia masih sangat besar. Hal ini terjadi tidak lain karena harga yang ditawarkan dengan membeli mobil bekas jauh lebih murah. Para pembeli mobil bekas sering kali kebingungan dengan aspek­aspek apa saja yang harus diperhatikan. Meskipun membeli dengan harga yang murah, tentu Kamu juga ingin memiliki mobil dengan kondisi dan kualitas yang masih bagus. Berikut adalah tips dalam membeli mobil bekas agar Kamu bisa mendapatkan mobil bekas yang murah dan berkualitas.

1. Tentukan Budget Kamu

Kamu harus menentukan anggaran yang pasti dari awal merencanakan pembelian mobil. Selanjutnya dalam pencarian nanti Kamu bisa fokus dengan jenis mobil yang sesuai dengan anggaran kantong Kamu. Jangan terlalu memaksa menambah anggaran yang mungkin akan memberatkan Kamu dikemudian hari.

2. Pilih Jenis mobil yang Sesuai Kebutuhan

Begitu banyak jenis mobil yang tersedia dipasaran, namun sebaiknya Kamu mengetahui terlebih dahulu mobil yang sesuai kebutuhan tranportasi Kamu. Sekarang ini produsen mobil membuat banyak jenis mobil sesuai dengan fungsinya. Seperti mobil minibus yang cocok untuk Kamu yang memiliki anggota keluarga yang cukup banyak. Contohnya seperti Toyota Kijang, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dll. Ada juga jenis citycar atau jenis mobil kecil seperti Honda Jazz, Toyota Yaris, Suzuki Swift, dll. Ada pula jenis mobil sport dengan spesifikasi khusus yang dapat melewati medan yang cukup berat. Mobil tersebut seperti Nissan X­trail, Mitsubishi Pajero, Toyota Fortuner, dll. Pilihlah jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan Kamu sehari­hari agar mobil yang Kamu beli nantinya dapat berfungsi secara maksimal.

3. Pikirkan Untuk Perawatan Kedepannya

Jika Kamu mengincar mobil bekas dari pabrikan Jepang, maka Kamu bisa menomorduakan urusan mengenai mesinnya. Biasanya mobil pabrikan negara Sakura memiliki mesin yang cukup tangguh dan perawatannya yang cukup murah. Lain halnya jika Kamu mengincar mobil bekas dari pabrikan Eropa maupun Amerika. Kondisi dapur pacu mobil merupakan nomor satu yang wajib Kamu perhatikan. Karena bila onderdil mesin tersebut memerlukan penggantian Kamu perlu menggantinya dengan onderdil mobil Eropa ataupun Amerika yang terkenal mahal.

4. Lakukan Survei Secara Online

Carilah informasi mengenai spesifikasi dan harga mobil bekas yang Kamu incar di internet. Karena di jaman digital ini Kamu bisa langsung membandingkan beberapa informasi dari berbagai sumber melaui media internet. Termasuk spesifikasi dan harga pasaran dari mobil yang Kamu incar.

5. Lakukan Pengecekan Kondisi Fisik & Test Drive

Proses ini memerlukan waktu yang cukup lama. Sebaiknya Kamu lakukan di siang hari agar semua bagian dari mobil dapat terlihat jelas dan detail. Lakukan pengecekan secara teliti sampai bagian terkecil. Dengarkanlah deru mobil saat menyala, jika Kamu mendengar suara yang aneh sedikit saja, jangan ragu untuk bertanya. Kamu juga wajib melakukan test drive untuk mengetahui kenyamanan dan kestabilannya.

6. Periksa Dokumen Legalitas Mobil

Selesai melakukan pengecekan fisik mobil, apabila sudah cocok dengan kriteria mobil yang Kamu inginkan. Lakukan pemeriksaan terhadap dokumen­dokumen legalitas mobil tersebut. Mulai dari BPKP dan STNK asli, jangan lupa lakukan pengecekan/pencocokan nomor mesin dan nomor rangkanya.  Kemudian periksa juga faktur pembeliannya. Kamu bisa melakukan pengecekan atau konfirmasi ke kepolisan untuk mengecek apakah surat­surat tersebut asli dan bukan merupakan mobil hasil curian.

7. Lengkapi Dengan Asuransi Mobil Simasnet

Segera berikan perlindungan bagi mobil Kamu dari risiko­ yang dapat dialami.  Risiko seperti kecelakaan, kerugian pihak ketiga akibat kecelakaan, maupun kehilangan mobil. Asuransi mobil bekas dari Simasnet memberikan jaminan asuransi yang lengkap sebagai perlindungan atas kendaraan Kamu dari berbagai risiko. Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai jaminan Asuransi mobil dari Simasnet disini.

Asuransi Simasnet,

Cepat, Mudah dan Terlindungi.

17-01-2017  08:39:44

Tags: , , , , ,