Mobil Terbakar Tiba-tiba? Kenali 5 Penyebabnya

mobil terbakar tiba-tiba kenali penyebabnya

Kejadian mobil terbakar mendadak sempat bikin heboh masyarakat Indonesia beberapa bulan silam. Tak ada hujan tak ada angin, tiba-tiba sebuah kendaraan roda empat di Jakarta habis dilalap si jago merah. Publik pun dibuat terkejut sekaligus penasaran, bagaimana bisa?

Beberapa pakar pun angkat bicara, ada yang berargumen soal sistem pengapian, ada pula yang bicara soal modifikasi. Namun, apa pun itu, kejadian semacam ini sebenarnya bisa dicegah dengan beberapa cara praktis. Penasaran? Berikut sejumlah penyebab mobil bisa terbakar tiba-tiba dan cara mencegahnya.

1. Arus pendek

Ada beberapa hal yang bisa memicu timbulnya api di sebuah mobil. Salah satu yang paling umum adalah arus pendek alias korsleting. Sebuah kendaraan roda empat memiliki sistem kelistrikan lumayan rumit sehingga hal tersebut sangat mungkin terjadi.

Listrik dari baterai dan aki berpotensi mengalami korsleting, menimbulkan percikan api, menyambar bagian bensin, hingga akhirnya membuat mobil terbakar. Kabel terkelupas juga bisa menyebabkan kendaraan dilalap si jago merah jika bagian tersebut tersentuh air maupun logam. Jika tak bekerja dengan baik, kelistrikan di dalam kabin mobil juga berpotensi menimbulkan api.

2. Suhu terlalu tinggi

Semakin lama dikendarai, bagian-bagian di dalam mobil akan semakin panas. Di sinilah pentingnya peran radiator untuk mengatur suhu komponen kendaraan. Selalu pastikan radiator tidak pernah kekurangan air.

Lalai melakukan hal tersebut berpotensi mengakibatkan suhu radiator terlalu panas. Imbasnya bisa jadi muncul kepulan asap, besi-besi di dalam mobil mengalami overheat, hingga akhirnya muncul kobaran api. Oleh karena itu, selalu pastikan sistem radiator bekerja dengan baik sebelum berkendara.

3. Modifikasi sembarangan

Melakukan modifikasi pada kendaraan kesayangan tak ada salahnya. Apalagi jika komponen maupun aksesoris dari pabrikan asli dirasa kurang memuaskan. Namun, melakukannya tanpa pertimbangan matang justru bisa jadi sumber bencana.

Modifikasi tanpa memperhatikan bagian detail terutama bagian yang menggunakan aliran listrik berpotensi menjadi sebab mobil terbakar mendadak. Pastikan semua kabel tambahan dipotong dan disambung secara sempurna. Ingat, sistem kelistrikan yang tidak bekerja dengan baik sangat mungkin menimbulkan percikan api dalam kendaraan.

4. Kebocoran

Tak hanya bensin, mobil juga butuh beberapa cairan tambahan agar bisa bekerja dengan baik. Mulai dari oli mesin, transmisi, hingga air untuk radiator. Kehadiran sejumlah komponen tersebut juga berpotensi menjadi penyebab mobil terbakar.

Hawa panas bisa mendadak berubah menjadi kobaran api ketika bertemu dengan uap bensin. Hal ini mungkin terjadi jika ada kebocoran. Oleh karena itu, pastikan kendaraan selalu dalam kondisi prima. Lakukan pengecekan rutin di bengkel tepercaya jika dirasa perlu.

5. Kerusakan baterai

Kecanggihan teknologi membuat mobil kini tak hanya bergerak dengan tenaga bensin, tapi juga listrik. Beberapa pabrikan mulai memasarkan kendaraan yang memadukan dua sistem penggerak itu. Mobil jenis ini umum disebut dengan istilah hybrid.

Namun demikian, baterai dalam mobil hybrid ternyata juga berpotensi menjadi penyebab kebakaran. Baterai rusak bisa menimbulkan percikan api kala berinteraksi dengan sistem pendingin. Kasus semacam ini pernah terjadi beberapa kali di Amerika Serikat.

Lindungi Kendaraan Kesayangan dengan Asuransi Mobil Simasnet

Bagi sebagian orang, mobil sudah seperti anggota keluarga sendiri. Lantas, bagaimana jika si kesayangan rusak berat akibat terbakar mendadak? Tenang. Kamu tidak perlu khawatir karena Simasnet sudah punya solusi lewat Asuransi Mobil Simasnet.

Asuransi Mobil Simasnet bakal memberikan perlindungan lengkap terhadap semua risiko buruk yang mungkin menimpa kendaraan kesayanganmu. Dapatkan tiga keuntungan luar biasa, mulai dari cicilan 0% untuk premi yang kian ringan, penggantian uang transport bagi kamu yang menggunakan jasa transportasi online untuk datang ke bengkel, hingga klaim langsung di bengkel-bengkel yang sudah bekerja sama dengan Simasnet.

Ada 3 jenis asuransi yang bisa kamu pilih. Asuransi mobil Comprehensive atau All Risk bakal menjamin risiko atau kerusakan atas kendaran karena benturan, kejahatan, tabrakan, terbalik, kebakaran, tersambar petir, kecelakaan saat penyeberangan, hingga pencurian.

Berikutnya ada Asuransi Total Loss Only. Kamu bakal mendapat jaminan risiko kerugian dan kerusakan kendaraan karena penyebab yang dicantumkan dalam polis. Semua biaya perbaikan, penggantian, atau pemulihan kendaraan ke kondisi semula bakal diganti dengan nilai sama atau bahkan lebih.

Terakhir, ada Asuransi Third Party Liability Only. Kamu bakal mendapat jaminan atas tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga, terkait kerusakan harta benda, biaya pengobatan, cedera badan hingga kematian, yang secara langsung disebabkan kendaraan.

Sebagai catatan, bagi kamu yang berminat membeli produk asuransi Comprehensive dan punya kendaraan usia di atas 5 tahun bakal dikenakan loading premi minimal 5% per tahun. Kebijakan serupa juga berlaku untuk pendaftar asuransi Total Loss Only dengan usia kendaraan di atas 10 tahun.

Bagaimana, menarik bukan? Pendaftarannya mudah, kamu cukup buka laman Asuransi Mobil Simasnet dan semua informasi soal pendaftaran online tertera lengkap di sana. Yuk, bebaskan diri dari rasa khawatir akan keamanan mobil kesayangan lewat Asuransi Mobil Simasnet.

21-11-2018  00:00:08

Tags: ,