Mencicipi kuliner tradisional khas Nepal

Mencicipi kuliner tradisional khas Nepal

Nepal memiliki kuliner tradisional yang unik hasil perpaduan budaya India, China, dan Tibet. Makanannya dapat kamu temui di warung-warung pinggir jalan ataupun restoran. Dimulai dari kari yang pedas, mi, dimsum, sea food, ataupun junk food ala barat tersedia di Kathmandu dan Pokhara.

Kali ini beberapa makanan tradisional Nepal yang wajib kamu coba jika kamu berlibur ke sana.

Dal bhat

Hidangan ini merupakan kuliner tradisional khas Nepal yang wajib kamu coba. Dal bhat biasanya terdiri atas nasi, sup kacang miju, sayuran berupa kentang, bayam, dll, kari daging ayam atau kerbau, salad, asinan, papad – sejenis opak, serta yogurt tawar.

Momo

Selain dal bhat, momo juga merupakan favorit orang Nepal. Momo merupakan sejenis pangsit kukus dengan isian berupa daging ayam maupun sayuran, seperti kubis cincang, kentang, atau labu siam. Momo dapat dinikmati dengan cara kukus atau goreng.

Chatamari

Kuliner satu ini juga cukup unik, karena memiliki bentuk yang mirip dengan pizza. Meskipun begitu, makanan ini memiliki cita rasa yang cukup unik. Gara-gara itu, chatamari sering dibilang pizza-nya orang Nepal. Chatmari terbuat dari tepung beras yang ditambah beberapa topping seperti irisan bawang, ketumbar, daging cincang, telur, cabai, serta rempah-rempah lainnya.

Sel roti

Makanan yang dijuluki donat ala Nepal ini mudah kamu temukan saat berada di Nepal. Cita rasa dari roti ini tidak terlalu manis jika dibandigkan dengan donat pada umumnya. Bentuknya yang bulat serta bolong di tengahnya dimasak dengan cara digoreng.

Yomari

Yomari ini sendiri terbuat dari tepung beras yang dibentuk seperti ikan dan diisi dengan chaku. Chaku sendiri merupakan campuran air tebu, gula merah, mentega dan kacang. Biasanya makanan ini dapat kamu temui saat Festival Yomari Punhi di bulan Desember. Festival tersebut menandai berakhirnya musim panen padi.

Sandheko

Jika kamu penyuka kacang atau pedas, makanan ini bisa menjadi jawaban yang tepat. Salad pedas khas Newari ini biasanya terbuat dari kentang atau kacang yang kemudian ditambah dengan cabai, bawang mentah, ketumbar dan rempah-rempah lainnya. Biasanya disajikan dingin, memiliki rasa yang sangat enak dan populer di kedai-kedai makanan ringan di Nepal.

08-11-2018  15:36:51