Liburan Jadi Lebih Hemat Dengan 6 Tips ini

liburan jadi hemat dengan tips simasnet

Liburan Seharusnya menjadi hal yang menyenangkan, namun sering kali kita harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Don’t worry, karena ada beberapa tips yang bisa kamu praktekan agar biaya selama berlibur tidak membengkak.

1. Membuat Budgeting

Pertama yang perlu kamu siapkan adalah membuat perhitungan budgeting. Hal ini penting karena kamu harus mengatur keuanganmu dengan tepat agar tidak terjadi over budget. Liburanmu akan lebih terarah dan terencana. Kamu bisa membuat dengan mencatat besarnya dana yang kamu miliki. Kemudian di lanjutkan dengan mendaftarkan apa saja yang ingin kamu lakukan saat liburan nanti. Biaya apa saja yang kamu perlukan, seperti hotal, transportasi, makan, tiket masuk tempat wisata atau kebutuhan lainnya.

2. Beli Tiket Final Call

Carilah tiket dari jauh hari atau kamu bisa mencari tiket-tiket dari website travel yang sedang mengadakan promo untuk pembelian tiket finalcall. Selain agar mendapatkan harga yang lebih murah, membeli tiket jauh hari juga akan membantu memulihkan keuanganmu setelah habis membeli tiket untuk perjalanan liburanmu. Sehingga sambil menunggu tanggal keberangkatan kamu bisa menabung lagi untuk biaya keperluan saat liburan nanti.

3. Hindari Tanggal Peak Season

Pilihlah tanggal yang tidak banyak dipilih orang untuk berlibur, seperti tanggal-tanggal peak season. Yaitu saat libur lebaran atau saat libur natal dan tahun baru. Karena biasanya saat peak sesoan makan harga tiket dan hotel akan naik menjadi lebih mahal. Selain itu tempat wisata akan penuh oleh pengunjung, tentu hal ini akan membuat liburanmu membutuhkan waktu yang lebih panjang. Karena akmu harus memperhitungkan kemacetan saat peak season dan jugaantrian saat berada ditempat wisata.

4. Berburu Promo

Hal selanjutnya yang bisa kamu siapkan adalah dengan berburu promo dilokasi wisata yang kamu inginkan. Karena kadang kala ada promo untuk penjualan tiket wisata online yang lebih murah dibandingkan saat kita datang dan membeli langsung di loket tempat wisata tersebut. Selain itu kunjungi juga situs-situs yang menyediakan deal untuk diskon-diskon restoran yang ada di daerah kamu berlibur.

5. gunakan Trasportasi umum

Saat kamu sedang diluar negeri jangan ragu untuk menggunakan kendaraan umum. MRT, BTS, Bus kota atau kereta akan membuat perjalananmu lebih murah dibandingkan harus menyewa taxi. Namun jika kamu pergi dengan jumlah rombongan yang cukup banyak, menyewa kendaraan bisa menjadi lebih hemat dan nyaman dibandingkan menggunakan kendaraan umum.

6. Gunakan Fitur “Pay Later”

Berhutang memang tidak baik, tapi adakalanya hal ini dibutuhkan asal kamu bisa merencanakannya dengan baik. Beberapa aplikasi booking hotel ada yang menyediakan fitur “pay later”/”bayar nanti”. Dengan fitur ini kamu bisa memotong budget perjalananmu dan membebankannya ke bulan berikutnya. Atau penggunaan kartu kredit yang terencana juga diperbolehkan. Tapi ingat, harus terencana ya. Jangan sampai setelah liburan kamu malah harus mengencangkan ikat pinggan karena terlilit hitang akibat liburan yang sudah berlalu.

Selain itu jangan lupa untuk selalu menambahkan Asuransi Perjalanan Simasnet agar liburanmu bisa Bye-bye worries.

source : “Mau Liburan Lebih Hemat? Simak 7 Tips Ini”
Penulis : Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
Editor : Sri Anindiati Nursastri

30-11-2018  17:00:48

Tags: , ,