Klaim Asuransi Anda Tidak Mungkin Ditolak

 

klaim asuransi tidak dapat ditolak

Klaim Jadi Lancar

Saat Kamu mengalami kecelakaan dan membutuhkan bantuan, saat seperti itulah seharusnya perusahaan asuransi menjalankan fungsinya. Tujuan utama asuransi adalah untuk memberikan jaminan perlindungan untuk nasabahnya.

Saat Kamu membeli polis asuransi tentu Kamu mengharapkan agar dapat menerima manfaat dari produk asuransi yang dibeli tersebut. Pada saat dibutuhkan asuransi menghindarkan Kamu sekeluarga dari kesulitan ekonomi. Akan tetapi tidak jarang perusahaan asuransi akan menolak untuk membayar klaim asuransi yang diajukan. Hal seperti ini sering kali terdengar, sehingga tidak sedikit orang yang menjadi antipati dengan perusahaan asuransi.

Berikut ini adalah 7 alasan yang paling umum digunakan perusahaan asuransi untuk menolak klaim asuransi Kamu :

1. Periode

Saat Kamu menerima polis Kamu harus memastikan dari kapan dan sampai kapan polis itu berlaku. Perusahaan hanya akan menjamin klaim-klaim yang terjadi selama periode berlakunya polis. Selain itu Kamu juga harus mengetahui dengan jelas peraturan perusahaan asuransi yang Kamu percayakan, berapa lama batas waktu maksimum yang diberikan bagi Kamu untuk menglaporkan klaim yang terjadi.

2. Masuk dalam pengecualiaan

Ada beberapa hal yang menjadi pengecualiaan bagi perusahaan asuransi, misalnya di asuransi rumah ada beberapa pengecualian yang umum seperti pengerusakan akibat terrorisme, huru hara, kerusuhan dan sebagainya. Meskipun ada beberapa asuransi yang menjamin hal-hal tersebesut seperti Asuransi Rumah Simasnet yang juga menjamin Terrorisme, kerusuhan, huru hara dan sabotase. Namun banyak asuransi-asuransi lain yang memasukkan hal ini sebagai pengecualiaan. Maka dari itu Kamu harus mencari tahu dan membaca polis Kamu secara teliti.

3. Perbuatan Melanggar Hukum

Seluruh perusahaan asuransi akan menolak klaim yang diajukan, jika saat klaim tersebut Kamu atau objek pertanggungan yang diasuransikan tersebut sedang melakukan pelanggaran hukum. Misalnya pada Asuransi Mobil, jika mobil Kamu mengalami kecelakaan saat mengendarai mobil melawan arus jalan. Tentu hal ini tidak akan dijamin oleh perusahaan asuransi, karena kecelakaan terjadi saat Kamu melakukan perbuatan yang melanggar hukum yang berlaku.

4. Kesengajaan

Hal seperti ini adalah hal yang paling dihindari oleh perusahaan asuransi, misanya saja pada Asuransi Kecelakaan Diri. Tindakan seperti bunuh diri tentu tidak akan dijamin dan mendapatkan santunan dari pihak asuransu, karena bunuh diri dianggap sebagai tindakan kesengajaan dan tidak masuk dalam kategori kecelakaan.

5. Dokumen Tidak Lengkap

Hal ini sangat sering terjadi, yaitu nasabah ingin agar klaim yang diajukan cepat diproses, namun enggan untuk melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan. Padahal jika dokumen-dokumen sudah lengkap, maka klaim akan segera diproses dan diselsaikan oleh pihak asuransi. Biasanya dokumen-dokumen yang diperlukan oleh pihak asuransi sudah dijelaskan secara umum, misalnya pada Asuransi Simasnet, Kamu dapat melihat dokumen-dokumen yang perlu dilengkapi di prosedur pengajuan klaim baik klaim asuransi mobil maupun klaim asuransi lainnya.

6. Tidak Termasuk Dalam Jaminan

Ada beberapa hal yang tidak masuk ke dalam jaminan misalnya pada asuransi kebakaran yang menjamin FLEXAS (Fire/Kebakaran, Lightning/Petir, Explosion/Ledakan, Aircraft/Kejatuhan Pesawat, dan Smoke/Asap). Namun yang dimaksud Smoke/Asap disini adalah asap yang diakibatkan dari obejek yang dipertanggungkan atau dari rumah yang diasuransikan, jadi jika asap yang disebabkan oleh objek lain, tidak termasuk ke dalam jaminan asuransi.

7. Telah Dijamin Oleh Pihak Lain

Asuransi juga selalu menghindari terjadinya double claim, kecuali jika claim tersebut berbentuk santunan seperti pada asuransi jiwa. Jadi jika klaim yang diajukan telah ditanggung oleh pihak lain atau asuransi lain, Kamu tidak dapat mengajukan klaim yang sama keperusahaan asuransi lagi.

Dengan mengetahui hal-hal diatas, Kamu dapat memperhatikan polis dan peraturan pengajuan klaim yang benar dan tepat. Sehingga jika Kamu telah memenuhi prosedur yang ada, maka klaim yang Kamu ajukan tidak akan ditolak oleh pihak asuransi. Maka penting bagi Kamu untuk mempercayakan asset berharga Kamu kepada perusahaan asuransi yang terbuka dan dapat terpercaya seperti Asuransi Simasnet.

Asuransi Simasnet

Cepat, Mudah & Terlindungi

17-02-2016  03:08:02

Tags: , , , ,