Pilkada Jakarta Masuk Putaran ke 2

Senin, 20-02-2017

Masyarakat Indonesia baru saja melewati proses pemilihan kepala daerah serentak di 101 daerah seluruh Indonesia. Pilkada tahun ini termasuk periode yang paling ramai diperbincangkan khususnya untuk wilayah DKI Jakarta. Terdapat beberapa faktor yang membuat pemilihan gubernur DKI Jakarta begitu meriah, salah satunya karena keterlibatan beberapa nama besar elit politik yang ikut turun gunung mendukung pasangan calon mereka. Belum lagi latar belakang ketiga paslon yang juga tidak biasa yaitu mulai dari mantan TNI, Petahana, dan Mantan Mentri Pendidikan. Program yang ditawarkanpun beragam dan sudah disampaikan pada masa kampanye.

Perolehan hasil Quick Count

Pada putaran pertama tanggal 15 Februari 2017 lalu, beberapa lembaga survey salah satu nya Litbang Kompas menghitung bahwa pasangan calon dengan nomor urut 2 Basuki - Djarot unggul dengan perolehan angka 42,87%, disusul oleh pasangan calon nomor 3 Anies - Sandi dengan perolehan angka 39,76% dan yang terakhir pasangan nomor urut 1 Agus - Sylvi dengan angka 17,37%.

Menyikapi kekalahannya pihak dari pasangan calon nomor 1 menerima hasil penghitungan tersebut. Berdasarkan peraturan pilkada, apabila tidak ada pasangan calon yang meraih suara sebanyak 50% + 1 maka selanjutnya akan diadakan pemungutan suara putaran ke 2. Pemungutan suara putaran kedua ini diperkirakan akan kembali dilaksanakan bulan april mendatang.

Diperkirakan pasangan calon nomor 3 akan membuka diri untuk berkoalisi bersama partai pengusung pasangan calon nomor 1. Tidak ada pihak yang bisa memastikan perkembangan selanjutnya dari proses pilkada putaran ke 2 nanti. Siapapun yang akan terpilih nantinya haruslah membawa kota Jakarta menjadi lebih baik dengan program-program yang bermanfaat bagi seluruh rakyat jakarta.


Asuransi Simasnet,
Cepat, Mudah & Terlindungi

Kembali ke daftar berita >

Simulasi Premi