Ini bedanya Mobil Jepang dan Mobil Eropa

Bedanya Mobil Jepang dan Mobil Eropa

Mobil Jepang dan Mobil Eropa begitu populer mengalahkan produsen dari negara lain. Untuk sebagian pecinta mobil menyukai mobil Jepang biasa andalan utamanya adalah mobil JDM. Sebagian lainnya menyukai mobil Eropa atau Euro Cars yang sering dikenal melalui trio utama Jerman yaitu BMW, Mercedes Benz, dan Audi.

Bagaimana cara membedakan mobilnya secara umum?

Performa mesin

Mobil Eropa lebih baik dibandingkan mobil Jepang karena dikenal memiliki tenaga mesin (horsepower) yang lebih besar dibandingkan mobil Jepang. Mobil Eropa sering dibekali dengan sistem turbocharger yang mendongkrak tenaga dan efisiensi mesinnya. Bahkan mobil yang sudah berumur memiliki sistem turbocharger yang cukup mumpuni.

Handling

Sistem layout RWD atau AWD yang dimiliki mobil Eropa membuat handling mobil lebih baik dibanding mobil Jepang yang kebanyakan bertipe FWD. Selain itu mobil Eropa lebih sering dilengkapi fitur-fitur penyeimbang mobil seperti DSC atau DTC (Dynamic Stabiity/ Traction Control) dibanding mobil Jepang.

Kehandalan

Dengan desain yang terlalu rumit dan kompleks, mobil Eropa menjadi lebih sulit untuk di maintenance daripada mobil Jepang. Mobil Jepang yang lebih compact dan simpel sehingga pekerjaan mekanik dalam membetulkan mobil lebih singkat dan mudah untuk dirawat.

Harga

Mobil Eropa memiliki harga beli yang lebih mahal. Bahkan biaya servis dan penggantian sparepart juga mahal. Tidak seperti mobil Jepang yang memiliki kisaran harga yang lebih terjangkau serta biaya servis yang lebih ramah di kantong. Harga jual mobil Eropa seringkali terjun bebas alias jatuh dibanding mobil Jepang.

Desain

Mobil Eropa memiliki desain yang lebih baik dibanding mobil Jepang. Jika kita membandingkan tampilan mereka, akan terlihat bahwa mobil Eropa terlihat lebih modern dan elegan. Selain itu mobil Eropa di desain lebih kokoh dibanding mobil Jepang.

Keamanan

Mobil Eropa dilengkapi dengan berbagai macam sensor dan teknologi untuk menjamin keamanan penumpangnya. Kemampuan pengereman pada mobil Eropa pun jauh lebih baik dibanding pada mobil Jepang. Material body mobil Eropa juga lebih kokoh dan rigid dibanding mobil Jepang.

Konsumsi bahan bakar

Dengan memperhatikan kepraktisan dan efisiensi, Jepang mendesain mobilnya dengan bahan bakar yang lebih irit. Mobil Eropa yang memiliki tenaga mesin besar serta layout RWD atau AWD pada mobil Eropa membuat konsumsi bahan bakar pun lebih boros dibanding mobil Jepang. Bobot kendaraan mobil Eropa umumnya lebih berat juga sehingga mempengaruhi kepada konsumsi bahan bakar kendaraan.

06-12-2018  10:00:04

Tags: ,