Sering Tidak Disadari, Ternyata Ada 8 Aplikasi Mencuri Data Penggunanya

aplikasi pencuri data simasnet

Saat ini setidaknya delapan aplikasi Android yang telah diunduh lebih dari dua miliar kali di Google Play Store yang secara tidak disadar aplikasi mencuri data dari penggunanya. Tujuh diantaranya dinaungi oleh “Cheetah Mobile”. Masing-masing dari aplikasi itu adalah Clean Master yang telah diunduh lebih dari satu miliar kali, Security Master (540 juta unduhan), CM Launcher 3D (225 juta), Battery Doctor (200 juta), Cheetah Keyboard (105 juta), CM Locker (105 juta), dan CM File Manager (65 juta).

Satu aplikasi lainnya yang teridentifikasi mencuri data penggunanya adalah Kika Keyboard. Sudah lebih dari 205 juta orang yang mengunduhnya via Google Play Store. Kika Keyboard dikembangkan “Kika Tech”. Demi persenan Cheetah Mobile dan Kika Tech mengeksploitasi izin penggunaan aplikasi (app permission). Dari sana lah, mereka dapat melacak aplikasi apa saja yang selanjutnya diunduh oleh pengguna.

Kemudian Cheetah Mobile dan Kika Tech akan mengelabui sistem dari perangkat terpasang dan mengklaim bahwa merekalah yang menyebabkan aplikasi tertentu diunduh. Praktik ini semata-mata demi mendapat persenan (install bounty). Apakah kamu juga pernah mengalaminya, merasa tiba-tiba di smartphonemu muncul aplikasi yang tidak pernah kamu instal sebelumnya.

Hal ini diketahui karena pengembang aplikasi ini sering kali memberikan install bounty ke para mitra yang membantu penetrasi pengguna baru. Kisarannya yang mereka dapatakan adalah dari 50 sen dollar AS (Rp 7.200) hingga 3 dollar AS (Rp 43.000) per satu unduhan. Hal ini tentu dinilai merugikan bagi para pengembang lain karena mereka jadi harus membayar install bounty ke pihak yang tak seharusnya menerima. Selain itu pengguna juga dirugikan karena akan sering muncul aplikasi-aplikasi yang mereka tidak inginkan dan memakan memori dan baterai smartphone yang mereka miliki.

Google sebagai mitra pun juga dirugikan karena tak mendapat install bounty sebagaimana yang seharusnya. Selain itu, aplikasi-aplikasi dari Cheetah Mobile dan Kika tech juga meminta permission lain seperti merekam pengetikan teks dan memantau aktivitas download apliaksi. Masih belum diketahui data apa lagi dari pengguna yang diambil oleh dua perusahaan ini. Hingga Saat ini ada dua aplikasi Cheetah Mobile telah di-nonaktifkan, yaitu Battery Doctor dan CM Locker.

Source : “8 Aplikasi Populer di Android Diam-diam Curi Data Pengguna” Penulis : Fatimah Kartini Bohang Editor : Oik Yusuf

29-11-2018  09:47:17

Tags: