5 Tips Jaga Uang Tetap Aman saat Traveling

5 Tips Jaga Uang Tetap Aman saat Traveling-simasnet

Banyaknya travel scam yang terjadi di kawasan wisata padat turis seperti copet atau jambret mungkin sering kali membuat kamu khawatir. Tanpa sadar, kamu akan mengecek tempat penyimpanan uang kamu berkali-kali, dan secara tidak sengaja malah mengekspose ‘kantongmu yang berisi.

Jaga Uang Tetap Aman saat Traveling

Atau terkadang saking asyiknya berjalan-jalan dan menikmati pemandangan sekitar di wisata populer, kamu jadi tidak waspada dan kurang berhati-hati menjaga barang bawaan milikmu. Sehingga mudah menjadi incaran oleh para copet atau jambret.

Dilansir Smarter Travel, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat traveling untuk menjaga barang-barang penting yang kamu bawa, terutama uang. Tips ini akan meminimalisir kemungkinan uang atau barang bawaanmu diambil oleh pihak tak bertanggung jawab. Apa saja?

1. Selalu Tempatkan Barang Berharga Sedekat Mungkin

Jangan pernah meletakkan barang-barang bawaan jauh dari jangkauanmu. Usahakan agar setiap barang bawaan milikmu berada dalam genggaman, atau setidaknya dekat dengan tubuh.

Kamu bisa menempatkannya dalam saku, money belt atau money pouch di dalam pakaian, atau mungkin menyimpannya di dalam pakaian dalam.

2. Gunakan Money Belt atau Money Pouch di Dalam Baju

Simpan paspor, kartu berharga seperti kartu debit dan kredit, serta uang tunai dalam money belt atau money pouch, dan kenakan sebelum menggunakan pakaian. Kamu bisa mengenakannya di bagian tubuh yang diinginkan sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhanmu.

Money belt dan money pouch diyakini lebih aman ketimbang membawa dompet atau menaruh uang di dalam backpack, karena letaknya yang lebih tersembunyi dan lebih dekat dengan tubuh kamu.

Backpack bisa kamu gunakan untuk menyimpan makanan, minuman, peta, obat-obatan, atau barang penting lainnya yang masih bisa kamu cari penggantinya apabila ada yang mencuri.

3. Simpan Uang di Tempat Terpisah

Pisahkan uang tunai yang kamu bawa ke dalam dua bagian dan simpan dalam money bag yang berbeda. Begitu juga dengan kartu debit atau kartu kredit, pisahkan kedua kartu dan tempatkan masing-masing ke dalam dua tempat yang berbeda, bersama uang tunai yang telah kamu simpan sebelumnya.

Cara itu membuatmu tidak akan kehabisan seluruh uang dan kehilangan kartu berharga, sekaligus apabila dicopet atau dijambret. Sehingga akan memungkinkan kamu tetap memiliki barang berharga untuk melanjutkan perjalanan, sambil melaporkan barang-barang yang hilang.

4. Waspada saat Berada di Mesin ATM

Saat berada di mesin ATM, biasakan untuk selalu waspada dan tidak ceroboh. Misalnya saja dengan memastikan bahwa pintu tempat mesin ATM yang kamu gunakan sudah tertutup rapi saat kamu masuki, tidak ada orang di belakangmu yang sedang mengintip saat kamu memasukkan PIN, serta jangan menghitung uang di depan umum.

Jika kamu menggunakan mesin ATM drive-through, selalu pastikan tidak ada tempat yang mencurigakan di sekitar ATM yang bisa digunakan untuk bersembunyi. Kunci pintu mobil, dan pastikan untuk tidak meninggalkan kartu maupun resi setelah transaksi.

Apabila kamu harus meninggalkan mobil, jangan pernah tinggalkan dalam kondisi yang menyala atau tidak terkunci, walau hanya sementara saja.

5. Jangan Menarik Perhatian

Menggunakan perhiasan dalam jumlah banyak, mengecek dompet berkali-kali. Menghitung uang di depan umum dapat menarik perhatian orang lain untuk berbuat jahat. Untuk itu, di mana pun kamu berada, baik saat traveling maupun tidak, usahakan untuk tidak menarik perhatian yang mengundang kejahatan.

Sehingga, kamu tidak akan dijadikan ‘mangsa’ oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Namun, apabila hal buruk sudah terjadi dan barang bawaan milikmu diambil oleh orang yang tak dikenal, sebaiknya segera melaporkannya pada pihak berwajib agar dapat langsung diproses.

Siap berpetualang berbekal tips ini?

23-11-2018  15:17:18

Tags: , , , ,