4 Aturan Bagasi Pesawat yang Wajib Kamu Patuhi

aturan bagasi pesawat

Buat kamu yang sering banget traveling pasti sudah paham betapa penting menaati peraturan bagasi yang berlaku di pesawat. Mulai dari booking tiket, masuk bandara, sampai dengan barang yang boleh dibawa ke kabin. Semua ini perlu kamu patuhi supaya perjalanan berjalan lancar dan nyaman.

Sekadar mengingatkan nih, sekaligus info buat yang belum familier dengan peraturan di bagasi pesawat, ceklis lagi yuk!

Simpanlah Barang-barang di Dalam Tas Pribadi

Kebalikan dari bahan-bahan yang dianggap berbahaya, kamu diizinkan membawa satu tas berisi barang pribadi. Namun, hanya yang berukuran kecil dengan berat maksimal 7 kg ya.

– Tas tangan/dompet
– Buku saku
– Laptop
– Kamera pocket
– Makanan bayi atau makanan diet
– Payung
– Tongkat
– Barang bebas pajak

Salah satu maskapai pesawat, Lion Air Group menetapkan barang-barang yang boleh check in gratis, yaitu:

1. Tas tangan wanita, buku saku, atau dompet yang sesuai untuk perjalanan normal dan tidak digunakan untuk tempat penampungan alat-alat yang dihitung sebagai barang bawaan. Mantel, syal, atau selimut.
2. Kamera kecil dan/atau teropong kecil.
3. Makanan bayi untuk dikonsumsi selama penerbangan.
4. Keranjang pembawa bayi.
5. Payung atau tongkat jalan.
6. Bahan bacaan dalam jumlah yang wajar.
7. Kursi roda yang dapat dilipat untuk orang cacat dan/atau sepasang tongkat pemapah dan/atau kawat gigi atau alat prostetik lainnya yang harus digunakan oleh penumpang.

Terkait berat maksimal, Lion Air Group hanya memperbolehkan penumpang membawa 1 pc/koli dengan berat maksimal 7 kg dan dimensi maksimal 40x30x20 cm. Penumpang juga diperbolehkan membawa serta satu tas pribadi selama perjalanan.

Kategori Barang Berbentuk Cairan yang Boleh Masuk Bagasi

Terkecuali cairan yang membahayakan, kamu diperbolehkan membawa minuman atau cairan lain asalkan:

– Tidak lebih dari 100 ml per kemasan.
– Wajib ditempatkan dalam wadah yang tidak mudah tumpah.

Kategori Barang Khusus yang Boleh Masuk Bagasi Kargo

Setiap barang yang masuk ke bagasi akan dicatat dan dibatasi. Mengacu pada peraturan pesawat internasional, pesawat Indonesia memberikan 20-30 kg free baggage. Jika lebih, penumpang diwajibkan membayar kelebihan bagasi itu. Nah, sebelum berangkat, kamu bisa memilah kembali barang-barang yang tidak diperlukan sepanjang perjalanan supaya dimasukkan saja ke bagasi saat check in.

Di luar barang-barang yang sudah disebutkan di atas, ada juga barang yang bisa ditolak oleh pihak otoritas keamanan bandara, antara lain:

– Semua tipe dan jenis senjata api.
– Perlengkapan olahraga, seperti peralatan diving, peralatan memanah, tongkat golf, stik hoki, dan sebagainya.
– Segala jenis jarum, kecuali untuk peralatan medis.
– Barang-barang berat dan berbahaya yang umumnya jarang dibawa, seperti rantai sepeda, kawat, tiang besi dan sebagainya.

Barang-barang tersebut tetap bisa kamu bawa, hanya harus didaftarkan secara khusus, biasanya akan ditempatkan di security item box selama di pesawat. Kamu bisa mengambil barang-barang ini lagi setelah sampai di bandara tujuan.

Terakhir, kalau kamu membawa benda yang berujung tajam, seperti pisau, bungkuslah dengan rapi dan aman supaya tidak merobek tas atau melukai orang lain.

Barang-barang yang Dilarang Dibawa

Secara umum, barang-barang yang dikategorikan membahayakan selama penerbangan akan dilarang masuk bagasi, secara tercatat ataupun bagasi kabin. Apa aja sih barang-barang yang dimaksud?

– Bahan peledak
– Bahan kimia/zat beracun
– Cairan yang mudah terbakar
– Benda padat yang mudah terbakar
– Material radioaktif
– Gas bertekanan

Setelah memahami peraturan bagasi pesawat sebelum pergi traveling, sudah siapin jaminan ekstra selama di perjalanan belum? Cek lagi yuk asuransi perjalanan yang bisa kamu pilih di Asuransi Simasnet.

28-11-2018  00:00:06

Tags: , , , , ,